Breaking News

Diduga Ketagihan Bongkar Kotak Infak Masjid, Remaja Asal Sungai Apit Berakhir di Jeruji Besi

SIAK - Masyarakat Kampung Temusai dan Sungai Tengah di hebohkan  dengan adanya penangkapan pria yang diduga hendak melakukan pencurian di Kampung Temusai, khususnya di RT 01 RW 06, Dusun Tuasai, Kampung Temusai,  Kecamatan Bungaraya, Siak perbatasan dengan Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh. Pria berambut pirang yang dicurigai tersebut hendak melakukan aksi pencurian, sempat terjadi kejar-kejaran warga di kebun sawit dekat perumahan warga, beruntung begitu ditangkap warga, kemudian pihak kepolisian langsung datang dan mengamankan si pelaku sehingga tidak menjadi korban amukan massa.

" Kami bersama masyarakat Tuasai dan Sungai Tengah mengejar orang yang tidak kami kenal yang diduga hendak melakukan aksi pencurian, karena di sekitar sini dan Sungai Tengah beberapa hari ini banyak yang kehilangan, maka pria berambut pirang yang mencurigakan berusaha kabur di sawit-sawit dekat perumahan itu kami tangkap untuk kami interogasi," ungkap warga Temusai yang enggan disebutkan namanya.

Pantauan dilapangan, pria berambut pirang yang diamankan oleh warga Sungai Tengah dan Temusai dan dibawa ke Pos Ronda Dusun Tuasai, hampir mirip dengan pelaku pembobolan kotak infak yang terjadi di masjid Kampung Bungaraya beberapa hari lalu. Dan dalam waktu beberapa menit, pelaku langsung diamankan polisi Polsek Sabak Auh yang bekerjasama dengan Mapolsek Bungaraya.

Berdasarkan informasi dari Kepolisian Sektor Bungaraya, setidaknya ada empat tempat ibadah yang sudah digasak maling. Diantaranya, Masjid Nurul Huda, Mushalla Ar-Rahim, Mushalla Az-Zikkrullah dan Mushalla Nurul Iman.

Hal itu disampaikan Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi melalui Kapolsek Bungaraya AKP Selamet. Ia mengatakan,  pelaku yang meresahkan tempat ibadah sudah tertangkap.

AKP Selamet juga menceritakan, kronologi penangkapan pelaku. Dijelaskannya, pada Jumat (08/09/2023) sekira pukul 09.00 WIB, saat dilakukan penyelidikan diduga pelaku sedang berada di Kampung Temusai perbatasan dengan Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh. Atas informasi tersebut Kapolsek Bungaraya memerintahkan tim Opsnal Polsek Bungaraya segera meluncur dengan dibantu tim Opsnal Polsek Sabak Auh.

“Pelaku ditangkap oleh warga dan diamankan oleh  tim opsnal Polsek Sabak Auh bekerjasama dengan Polsek Bungaraya. Tanpa ada perlawanan pelaku langsung kita amankan, dan setelah di interogasi, pelaku mengakui perbuatannya dan telah melakukan pencurian kotak amal di Masjid Nurul Huda di Jalan Sultan Syarif Qasim RT.02 RW.07 Kampung Bungaraya,  Kecamatan  Bungaraya, Kabupaten Siak. Selanjutnya Pelaku diamankan untuk penyidikan lebih lanjut,"jelasnya.

Lanjut Kapolsek  mengatakan, pelaku merupakan remaja pengangguran yang berasal dari Kecamatan Sungai Apit.

"Pelaku AN diketahui warga Parit Sempurna,  Kecamatan Sungai Apit. Selama ini dia belum bekerja atau pengangguran," ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut Kapolsek, aksi pelaku sempat terekam CCTV saat melakukan pencurian kotak infak di Masjid Nurul Huda. Kemudian pihaknya melakukan penyelidikan terhadap pelaku.

"Berdasarkan laporan pengurus Masjid dan CCTV, kita langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku,” tegasnya.

Kapolsek juga berharap, agar seluruh masyarakat Kecamatan Bungaraya bekerja sama dalam mewujudkan situasi Kamtibmas.

"Kami berharap kerjasama masyarakat Bungaraya untuk menjaga Kamtibmas, dan bila mana ada yang mencurigakan,agar segera melaporkan kepada RT dan RW atau kepada Bhabinkamtibmas untuk ditindak lanjuti. Semoga Kecamatan Bungaraya selalu kondusif," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (06/09/2023) sempat beredar di sejumlah group WhatsApp tentang adanya pelaku pencurian kotak infak. Aksi pelaku terekam CCTV di Masjid. ( Mg)

Tidak ada komentar

Tag Terpopuler